Kamis, 31 Mei 2012

SPASI = PENUNDAAN ( KETIDAKNYAMANAN )

Bila anda menulis, coba perhatikan jarak spasi antar barisnya dalam satu kata dan lihat pula spasi antar kata dalam satu kalimat. Sudah anda lakukan ?

Bila belum ada tulisan yang anda analisa, silahkan anda cari satu lembar kertas HVS ukuran kuarto atau kertas apapun dan usahakan tanpa garis alias polos....Oke terimakasih. Sekarang saya beri waktu 5 menit untuk menuliskan cerita, tentang apapun, minimal satu paragraf...bagus....bagus....bagus. Nah bagi yang masih bingung mau menulis apa, silahkan menuliskan apa yang ada dalam pikiran, termasuk kalau belum ada, maka tulis seperti ini :"Saya masih bingung mau nulis cerita apa, maka saya beranikan untuk menuangkan kebingungan ini....dsb. Mudah kan ?

Sip, sekarang berhenti menulis dan perhatikan dengan cermat. berapa kira-kira spasi dalam huruf dalam satu kata...oke.
Nah dalam Graphology jarak penulisan, baik antar huruf, kata ataupun baris yang melebihi 2 - 3 huruf bisa mencerminkan dua hal, Penundaan atau ketidaknyamanan.

1. Penundaan bisa berarti sedang berfikir, menimbang, memilih dan memilah kata yang tepat, semakin lama menulis semakin jauh jarak penulisannya. Hal ini bisa disebabkan oleh keraguan atau ketidakpastian penulisnya. Ia bimbang karena mungkin mau menutupi fakta yg sebenarnya atau takut akan terjadi sesuatu bila menuliskannya.

2. Spasi juga cermin kenyamanan seseorang, semakin lebar spasinya, maka semakin tidak nyaman orang tersebut dalam berinteraksi dengan orang lain. Sebaliknya semakin dekat spasinya , maka ia semakin nyaman dalam berinteraksi dengan orang lain atau lingkungannya.

Seseorang yang "happy", nyaman dengan orang lain/lingkungan, biasanya dalam menulis akan stabil spasinya, sekitar 1- 3 huruf. memang kadang ada variasinya namun bila tidak berlebihan maka tidak apa-apa.

Bila ternyata anda menemukan tulisan atau spasi yang sangat dekat bahkan berhimpitan, maka berhati-hatilah...orang ini mungkin sedang mengalami tekanan hebat, tegang ataupun orang ini tertutup dengan dunia luar dan berpandangan sempit.

Oke...bila anda yang termasuk di point terakhir (spasi berhimpit), segeralah anda :
1. Tarik nafas panjang dan keluarkan pelan-pelan
2. Perbaiki tulisan, sebisa mungkin spasi/jarak antar huruf/kata sekitar 1 - 3 ukuran huruf.
3. Segeralah intropeksi mengapa anda stress, tegang dan tertekan
4. Bagilah dengan bercerita pada sahabat yang layak dipercaya
5. Tuliskan dalam selembar kertas untuk mengurangi beban tsb

Semoga Bermanfaat,

Makhsun Al Makky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar