Selasa, 22 Mei 2012

Diantara B dan D ada C ( Choice )

Pagi ini saya menerima BBM dari sahabat baik saya, Mas Hendra. Cukup menarik dan relavan untuk kita renungkan. sebenarnya hal ini sering kita perbincangkan dalam berbagai kesempatan, misalnya dalam pelatihan motivasi yang saya adakan, termasuk di Embun Pagi di www.limajari.org yaitu tentang Choice = PILIHAN.

Kita pun sudah sangat tahu, bahwa sejak B (Birth=lahir) sampai D ( Death/mati ), kita diberi C (choice = pilihan) begitu banyak berlimpah.

Kita bebas dan sebebas-bebasnya untuk memilih :

- Tersenyum atau Marah....
- Memaafkan atau Membalas...
- Mencintai atau Membenci...
- Bersyukur atau Mengeluh...
- berharap atau Putus Asa...
- Bertindak atau Menunggu...
- Bahagia atau bersedih...
- Menjadi Pemenang atau Pecundang....
- Pelaku atau Menjadi Korban,dll

Banyak kan pilihannya, saya yakin anda bisa melanjutkan daftar itu berlembar-lembar. Dan, yang perlu kita ingat bahwa, setiap pilihan itu akan selalu diikuti oleh konsekuensi, ada sebab ada akibat. Ketika memilih...kita bebas menentukan pilihan kita, namun akibat dari pilihan kita tidak bisa memilihnya.

Oke, mari di hari Senin ini, tentukan pilihan dengan pertimbangan masak, gunakan anugerah agung yang telah di berikan Allah pada kita, yaitu :

1. Kesadaran Diri : Dalam menentukan pilihan coba kita Memeriksa Pikiran, Suasana hati dan Prilaku kita, agar pilihan-pilihan itu akan membuat diri kita berdaya.

2. Imajinasi, Gunakan imajinasi dengan membayangkan hal-hal diluar pengalaman maupun realitas yang ada, agar kita tidak salah pilh dan tidak pula masuk ke-lubang kesalahan yang sama.

3. Hati Nurani, Dalam memilih adalah sangat bijak untuk berbicara dan menanyakan langsung pada Nurani kita...apakah benar pilihan ini...apakah salah bila saya memilihnya. Tentu, dengan didukung integritas pribadi kita dalam memilih.

4. Kehendak Bebas, seperti di awal tulisan ini, bahwa kita di beri kebebasan untuk memilih, apa yang menurut anda benar atau salah, tepat atau tidak tepat. Bertindaklah mandiri dan terbebas dari pengaruh luar yang menyesatkan...karena andalah yang akan bertanggungjawab atas pilihan, bukan yang lain.

Selamat Memilih.....



Salam Sukses Penuh Berkah,




Makhsun Al Makky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar