Rabu, 23 Mei 2012

BERTUMBUH



Siapa sih yang tidak suka mie instant ? saya yakin sebagian dari kita menyukai makanan itu, bahkan sudah begitu familier seantero nusantara....sesuai dengan namanya, maka untuk memasak sangatlah praktis dan mudah, bahkan dalam kondisi tertentu, hanya menggunakan air panas yang berasal dari Termos pun cukup dan langsung bisa kita nikmati...

Se-praktis apapun, ternyata semua melalui proses, tidak seperti membalik sebuah buku. Jadi se-instant mie instant tetap ada proses disetiap tahapnya.

Demikian pula pertumbuhan diri kita, tidak bisa dengan cara instant dan otomatis menjadi pribadi yang berkarakter, menjadi pribadi yang sukses, menjadi pribadi yang bahagia. Ada tahapan-tahapan yang harus kita lalui...tangga seribu diawali dari pijakan tangga pertama. Pertanyaannya, kapan harus di mulai ? atau Apakah tidak terlambat dengan usia sekarang ini ? dan berbagai pertanyaan-pertanyaan kadang hinggap dalam pikiran kita. Menurut John C. Maxwell kita perlu menentukan untuk memulai bertumbuh pada saat sekarang ini. Ada beberapa alasan-alasan, antara lain :

1. Pertumbuhan itu tidak otomatis, sebagaimana tulisan saya di atas bahwa meskipun instant tetap ada prosesnya. apalagi ini bukan sekedar mie instant, namun tentang diri kita, potensi kita. Mungkin pernah anda lihat atau bertemu dengan orang yang masih muda belia, namun memiliki cara pandang terhadap masalah sangat dewasa dan bijak, atau mungkin aebaliknya anda pernah menyebut seseorang yang sudah berusia namun masih memiliki sifat kekanak-kanakan. Dari sini jelaslah bahwa bertambahnya usai belum tentu bertumbuhnya kedewasaan kita. Maka, semakin kita cepat memulai maka semakin dekat menemukan potensi yang kita miliki.

2. Pertumbuhan di hari ini akan memberikan hari esok yang lebih baik. anda mungkin pernah dengar hadist nabi : Bahwa jika hari ini kita lebih baik dari kemarin kita termasuk orang yang beruntung, akan tetapi jika hari ini kita sama dengan kemarin kita termasuk orang yang merugi. Dan lebih gawatnya lagi kalau hari ini lebih jelek dari kemarin kita termasuk orang yang di laknat Allah.

3. Pertumbuhan adalah pilihan, dan pilihan kita secara konsekuen harus di jalankan, apabila pertumbuhan itu tidak menjadi tanggung jawab sendiri, maka pertumbuhan itu tidak akan terjadi.

Selamat Bertumbuh untuk menjadi lebih baik.

Salam sukses bahagia,

Makhsun Al Makky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar